Cara Klaim asuransi kendaraan yang Hilang

Asuransi pada kendaraan menjadi salah satu perlindungan umum yang hampir dimiliki oleh setiap orang ya saat ini. Namun, bagaimana prosedur klaim asuransi kendaraan yang hilang? Supaya aman dan jelas ya berikut ini adalah penjelasan lengkapnya bagaimana cara mengklaim suransi kendaraan yang hilang. Yang mana kendaraan hilang adalah kecelakaan atau resiko tidak kriminal yang tidak dapat diprediksi oleh siapapun. Maka dari itu asuransi hadir untuk menanggulangi kerugian keuangan anda. Berikut merupakan cara klaim asuransi yang benar adalah :

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika kehilangan kendaraan dan ingin mengklaim asuransinya adalah membuat laporan ke pihak perusahaan asuransinya, asuransi yang anda ikuti. Laporannya sangat bisa dilakukan langsung kepada pihak perusahaan asuransinya atau pun melalui agennya. Waktu pelaporan maksimalnya pun adalah tujuh puluh dua jam. Pada saat membuat laporan ya anda akan di wawancara atau ditanyai beberapa pertanyaan seputar bagaimana kendaraan anda bisa hilang, atau dimana kendaraan hilang, ataupun kapan kendaraan anda hilang. Ya tentu saja disini anda harus memberikan penjelasan yang sejujur-jujurnya dan sebenar-benarnya. Tapi jika mobil anda masih ada kreditnya ya anda juga harus menghubungi pihak leasing.

Langkah kedua yaitu membuat berita acara, setelah anda laporan tadi nah langkah selanjutnya ialah membuat surat kehilangan dari kepolisian. Sama disini juga anda akan diwawancara dan maksimal pembuatannya adalah 24 jam. Yang mana disini polisi akan memeriksa dua orang saksi. Saksi ini di butuhkan untuk memastikan kejadiannya bukan rekayasa ataupun sandiwara. Dan kemudian polisi memberikan surat kehilangannya berikut memberikan surat lapju untuk pencariannya.

Langkah ketiga adalah mengurus surat pemblokiran, apa sih gunanya? Ya pihak polisi akan memblokir seluruh dokumen dari kendaaraan tersebut untuk tindakan preventif agar tidak disalahgunakan. Surat pemblokiran ini didapatkan di ditlantas lalu lintas polda setempat.

Langkah keempat yaitu mengurus surat dari direktorat reserse. Untuk membuat surat direktorat reserse anda harus memenuhi syarat seperti fotokopi KTP, BPKB, faktur pembelian kendaraan, surat polis asuransi, surat tanda laporan dari pihak kepolisian, surat pengantar asli dari pihak polisi, fotokopi TKP, surat asli DPB, surat asli Lapju, langkah kelima ialah mengajukansurat permohonan klaim. Setelah anda mengajukan klaim anda akan dihubungi oleh pihak asuransi, yang mana pihak asuransi pun diberi waktu 30 hari oleh kepolisian untuk mengganti rugi biaya kehilangannya. Ini mencegah adanya pihak asuransi yang curang.

Namun klaim bisa saja ditolak oleh pihak perusahaan asuransi, biasanya yang pertama adalah pada pengisian formulir pengajuannya ada yang salah, yang kedua anda belum bayar premi atau telat membayar premi. Alasan terakhr yang paling ditakuti adalah anda merekayasa kejadia supaya anda bisa klaim asuransinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *